Perspektif Utama Dalam Penerapan Psikologi Pendidikan

perspektif-utama-dalam-penerapan-psikologi-pendidikan

Perspektif Utama Dalam Penerapan Psikologi Pendidikan

Theesecret.Com – Ketika bicara tentang dunia psikologi memang kebanyakan orang kemudian berpikir tentang gangguan jiwa dan sebagainya. Sebenarnya psikologi bukan hanya rentan atas masalah – masalah psikologi karena psikologi juga sangat berpengaruh atas dunia pendidikan. Karena itu didalam dunia pendidikan ada yang namanya psikologi pendidikan.

Psikologi pendidikan ini sangat penting karena psikologi pendidikan yang nantinya memang akan sangat berpengaruh atas perkembangan baik atau tidaknya psikologi anak didik sehingga sebenarnya seorang guru harus paham benar dan mahir dalam psikologi pendidikan anak supaya anak didikannya dapat senantiasa memiliki sikap mental yang berkembang sangat baik. Psikologi pendidikan sendiri memang punya perspektif utama dalam penerapan psikologi pendidikan. Berikut beberapa informasi tentang perspektif psikologi pendidikan yang harus Anda tahu.

Perspektif Utama Dalam Penerapan Psikologi Pendidikan  

Perspektif perilaku

Perspektif yang satu ini menyarankan agar semua perilaku dipelajari melalui pengondisian. Nantinya psikolog yang menggunakan perspektif ini hanya bergantung pada prinsip pengondisian operan untuk dapat menjelaskan proses pembelajarannya kepada anak didikannya. Misalkan saja guru akan memberikan koin yang dapat ditukarkan dengan barang – barang menarik seperti halnya permen atau mainan sebagai penghargaan perilaku murid yang baik. Cara ini memang berguna dalam beberapa kasus karena dapat dijadikan salah satu cara pendekatan yang baik antara guru dan anak didiknya selengkapnya  di www.bahasainggrisoke.com/pengertian-rumus-dan-contoh-kalimat-simple-present-tense-terlengkap

Perspektif pengembangan

Perspektif yang satu ini punya titik fokus pada bagaimana nantinya anak – anak mendapatkan keahlian dan pengetahuan baru selama anak bertumbuh dan berkembang. Pada tahap tumbuh kembang anak secara kognitif nantinya John Piaget merupakan salah satu contoh teori perkembangan yang akan sangat penting dalam mengamati cara – cara anak tumbuh secara intelektual. Dengan mencoba dalam memahami cara anak – anak berpikir pada tahap perkembangan yang berbeda, nantinya psikolog pendidikan atau guru akan dapat lebih paham atas kemampuan yang dapat diperoleh anak sebenarnya pada masing – masing tahap tumbuh kembang anak.

Perspektif kognitif

Perspektif yang satu ini menjadi sangat terkenal dalam beberapa puluh tahun silam utamanya karena melingkupi peran atas emosi, motivasi proses belajar anak, rasa percaya, daya ingat anak. Fokusnya pada perspektif ini adalah bagaimana cara manusia berpikir, mengingat dan belajar, dan menerima atau menyerap informasi.

Pendekatan konstruktivis

Teori dalam pembelajaran yang satu ini merupakan suatu cara terbaru yang berfokus atas cara anak yang aktif dalam membangun pengetahuan tentang dunia. Dan teori ini cenderung akan dapat memperhitungkan pengaruh sosial dan juga budaya atas cara – cara anak belajar.

Demikian sedikit informasi tentang Perspektif Utama Dalam Penerapan Psikologi Pendidikan. Anda bisa menerapkan semuanya yang dikombinasikan dalam rangka pertumbuhan dan perkembangan psikologi anak. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca Juga :