Pengertian Hewan Berdarah Panas atau Homoiterm Beserta Contohnya

hewan-berdarah-panas

Pengertian Hewan Berdarah Panas atau Homoiterm Beserta Contohnya

Theesecret.Com  – Hewan berdarah panas atau Homoiterm adalah hewan yang dapat menjaga suhu tubuhnya, pada suhu-suhu tertentu yang konstan biasanya lebih tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya. Pada hewan homoiterm suhunya lebih stabil, hal ini dikarenakan adanya reseptor dalam otak mereka sehingga mereka dapat mengatur suhu tubuhnya. Hewan homoiterm dapat melakukan aktivitas pada suhu lingkungan yang berbeda karena mereka memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh tersebut. Hewan homoiterm mempunyai variasi temperatur normal yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor umur, faktor lingkungan, faktor kelamin, faktor panjang waktu siang dan malam, faktor makanan yang dimakan, dan faktor jenuh pencernaan air dalam tubuh.

Hewan yang termasuk berdarah dingin atau Homoiterm adalah Mamalia dan Aves. Mamalia dan Aves adalah hewan homeoterm yang memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu internal atau suhu tubuh bagian dalam yang relatif konstan yaitu sekitar 37°C (99°F) untuk mamalia dan sekitar 40°C (104°F) untuk burung, terlepas dari suhu lingkungan dimana mereka tinggal.

Ciri-ciri Mamalia Homoiterm

Mamalia merupakan hewan vertebrata berdarah panas yang ditandai oleh adanya kelenjar keringat, termasuk yang menghasilkan susu, dan dengan adanya: rambut, tiga tulang telinga tengah yang digunakan dalam pendengaran, dan daerah neokorteks di otak. Kebanyakan mamalia juga memiliki gigi khusus dan dapat memanfaatkan plasenta di ontogeni tersebut. Otak mamalia dapat mengatur endotermik dan sistem darah peredaran, termasuk jantung empat bilik. Contoh mamalia berdarah panas antara lain Sapi, paus, kambing, primata, harimau, singa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri-ciri Aves berdarah panas atau Homoiterm

Burung atau aves merupakan vertebrata berdarah panas yang ditandai dengan bulu, paruh tanpa gigi, peletakan telur bercangkang keras, tingkat metabolismetinggi, jantung memiliki empat bilik, dan memiliki kerangka yang ringan tapi kuat di www.faunadanflora.com . Semua burung memiliki anggota tubuh bagian depan yang dimodifikasi sebagai sayap dan bisa terbang, meskipun ada spesies dari burung atau aves terutama spesies burung endemik pulau telah kehilangan kemampuan untuk terbang. Burung juga memiliki sistem pencernaan dan sistem pernapasan unik yang dapat disesuaikan pada saat terbang.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Pengertian Hewan Berdarah Panas atau Homoiterm .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :