Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

theesecret.com – Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli

1. Mulyadi ( 1999; 6 )

Menurut Mulyadi, Akuntansi biaya merupakan suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya serta pembuatan dan penjualan produk ataupin jasa, dengan cara – cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.

2. R.A Supriyono ( 2000; 21 )

Menurut R.A Supriyono, Akuntansi biaya merupakan salah satu cabang dari akuntasi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor & menekan transaksi biaya secara sistematis, dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

3. Schaum

Menurut Schaum, Akuntansi biaya itu merupakan suatu prosedur agar dapat mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang ataupun jasa. Akuntansi Biaya sendiri memiliki fungsi utama yaitu dalam melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan & penentuan pendapatan.

4. Carter & Usry

Menurut Carter & Usry, Akuntansi biaya itu merupakan penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan & pengendalian, perbaikkan kualitas serta efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin strategis.

5. Armanto Witjaksono (2006:45)

Menurut Armanto Witjaksono, akuntansi biaya sendiri akan melengkapi manajemen dengan perangkat akuntansi untuk meningkatkan perencanaan & pengendalian.

Perencanaan dalam definisi ini ialah dalam memilih objek yang akan dicapai dan cara – cara untuk mencapainya. Melakukan perencanaan dalam akuntansi biaya akan membantu manajemen dalam menetapkan anggaran & biaya yang di tentukan di muka atau predetermined cost.

6. Abdul Halim

Menurut Abdul Halim, akuntansi biaya itu merupakan ilmu akuntansi yang membicarakan tentang penentuan cost atau harga pokok dari produk yang di produksi atau yang akan dijual ke pasar, baik itu untuk memenuhi pesanan & pemesan maupun untuk di jadikan persediaan barang dagangan yang akan di jual.

7. Kholmi & Yuningsih (2009:1)

Menurut Kholmi & Yunigsih, akuntansi biaya itu merupakan suatu proses pelacakan, pencatatan, pengalokasian, pelaporan dan analisis terhadap bermacam – macam biaya yang berhubungan dengan aktifitas ataupun kegiatan dari suatu persahaan atau organisasi agar dapat menghasilkan barang dan jasa www.profillengkap.com

8. Rayburn yang diterjemahkan oleh Sugyarto (1999) menjelaskan:

Akuntansi biaya merupakan ilmu mengidentifikasikan, mendefinisikan, mengukur, melaporkan, serta menganalisis berbagai unsur dari biaya langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan produksi serta pemasaran barang dan jasa.

9. Bastian dan Nurlela (2006) menjelaskan:

Akuntansi biaya merupakan bidang dalam akuntansi yang mempelajari tentang bagaimana cara mencatat, mengukur, dan melaporkan tentang informasi biaya yang digunakan.

10. Horngren, Datar, & Foster yang diterjemahkan oleh Desi Adhariani (2005) :

Akuntansi Biaya akan menyediakan informasi yang dibutuhkan dalam akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Akuntansi biaya sendiri akan mengukur dan melaporkan setiap informasi keuangan maupun non keuangan yang terkait dengan biaya perolehan atau pemanfaatan sumber daya dalam suatu organisasi.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 10 Pengertian Akuntansi Biaya Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga :

9 Hal Tentang Garerh Bale yang Perlu Kamu Tahu

ASUS ZenFone Go ZB500KL, Harga Terbaru dan Spesifikasi

Manfaat Internet Bagi Dunia pendidikan