Bagaimana Kualitas Guru di Era Digital?

Bagaimana Kualitas Guru di Era Digital

Theesecret.com – Era digital hampir merambah semua sektor. Termasuk juga pada di dunia pendidikan. Di tengah perkembangan era digital ini menuntut perubahan pola ajar dari para guru lebih inovatif dan kreatif.

Banyak guru yang hanya sekadar masuk kelas kemudian memberikan tugas bagi siswa. Hal ini tentu membuat suasana belajar dan mengajar menjadi jenuh.

Psikolog Anak dan Remaja Universitas Indonesia (UI) Vera Itabiliana Hadiwidjojo menilai, saat ini pendidikan di tanah air masih dalam proses menuju kualitas mental yang lebih baik, baik dari guru maupun siswa. pelajaran.co.id/

Era digital dan media sosial ini, menurut Vera, memberikan tantangan yang lebih besar bagi para guru. “Bagaimana untuk menjaga kualitas mental di mana berbagai informasi dapat masuk dengan cepat,” tegasnya.

Vera menambahkan sehingga perlu filter yang kuat dari para guru untuk memilah mana yang benar atau salah, mana yang secara tidak disadari dapat mempengaruhi kualitas mental. Misalnya, kata dia, nilai pergaulan bebas di kalangan remaja atau siswa. “Apa yang diajarkan di sekolah seyogyanya memiliki dampak aplikatif yang jelas dalam kehidupan nyata,” jelasnya.

Vera menambahkan siswa perlu diajak untuk melihat apa manfaat dari apa yang dipelajari di sekolah. Guru pun perlu kreatif dan mampu melakukan pendekatan yang pas dengan usia siswa. “Sehingga siswa dapat terus antusias mengikuti apa yang diajarkan. Guru harus lebih kreatif,” tandasnya.

Baca Juga: